Minggu, 30 Maret 2014

MH370

Maskapai penerbangan milik Negara Malaysia, Malaysian Airlines System dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur ke Beijing mengalami musibah yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Pesawat nahas tersebut hilang kontak dua jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada tanggal 8 Maret 2014 tepat ketika berada di atas teluk Thailand. Di dalam Boeing 777-200ER itu terdapat 239 orang termasuk 12 awak pesawat yang sebagian besar penumpangnya merupakan warga Negara Cina.

MH370 berangkat pada pukul 00.42 waktu Malaysia dan diperkirakan sampai di Beijing pukul 06.30 pada hari yang sama. Kontak terakhir pesawat itu dengan ATC Kuala Lumpur yaitu pada jam 1.21, untuk selanjutnya MH370 mengontak ATC Ho Chi Minh Vietnam. Namun, ATC Vietnam gagal melakukan kontak dengan MH370, yang belakangan diketahui transpondernya dimatikan secara sengaja.

Posisi terakhir MH370 diketahui berada di atas teluk Thailand. Namun berdasarkan penelitian lebih lanjut, pesawat itu berbelok ke arah barat yang pada pukul 2.15 diketahui berada di selatan Pulau Phuket di Selat Malaka. Dan pada pukul 2.40 pesawat terpantau di dekat Pulau Perak.

Dalam bahasa penerbangan (berdasarkan radar militer Malaysia yang diperoleh Reuters 14/03/2014), pada jam 1.21 MH370 berada di Waypoint IGARY. Setelah itu MH370 bergerak ke arah barat menuju Waypoint VAMPI (timur laut Banda Aceh). Setelah mencapai VAMPI, MH370 berbelok ke arah timur laut menuju Waypoint GIVAL (sebelah selatan Phuket) dan selanjutnya mengubah arah ke barat laut menuju Waypoint IGREX di tengah laut Andaman dan tidak bisa lagi dijejak radar militer Malaysia.



airinfodotorg.files.wordpress.com

Sejauh ini, semua masih berupa spekulasi mengenai mengapa pesawat itu menyimpang dari rute sebenarnya dan ada di mana pesawat itu sekarang berada. Mulai dari teori pembajakan, kerusakan, kebakaran dan ledakan yang menyebabkan pesawat itu tidak diketahui keberadaannya.  Spekulasi-spekulasi itu didasari oleh berbagai macam alasan, seperti dua orang yang menggunakan passport curian sehingga dihubungkan dengan pembajakan ataupun sang pilot Zaharie Ahmad Shah yang diduga merupakan pendukung fanatik pemimpin oposisi Anwar Ibrahim. Dilaporkan juga, sebelum berangkat ke Beijing Kapten Zaharie Ahmad Shah mengikuti sidang sodomi Anwar Ibrahim (merdeka.com). Juga dengan ditemukannya simulator penerbangan di rumah pilot berusia 53 tahun tersebut (belakangan dipastikan simulator itu tidak ada kaitannya dengan kecelakaan). Tentunya, semua spekulasi itu masih merupakan dugaan-dugaan semata. Yang mungkin bisa meraba-raba mengapa dan di mana MH370 sekarang berada.

Tragedi MH370, secara langsung membuka tatapan dunia kepada pemerintah Malaysia. Dinilai, Malaysia tidak terbuka tentang pemberian informasi MH370. Pengamat menilai, ada yang ditutup-tutupi mengenai keadaan sebenarnya pesawat itu. Pemerintah Cina yang 152 warganya ikut dalam penerbangan tersebut, menuntut Malaysia untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada keluarga korban mengenai informasi yang berkaitan dengan penerbangan itu.

Sampai tanggal 28 maret 2014, pencarian MH370 telah menjadi pencarian terbesar sepanjang sejarah penerbangan. Melibatkan 26 negara dan puluhan kapal laut maupun pesawat terbang. pencarian MH370 menemui  Titik terang ketika satelit Australia mendapat citra obyek di Samudera Hindia pada jarak lebih dari 2500 km barat daya kota perth. Walaupun diketahui akhirnya objek itu merupakan kontainer, namun di sekitar daerah temuan tersebut selanjutnya banyak ditangkap objek-objek berukuran 2 sampai 16 meter. Satelit Prancis mendeteksi sekitar 122 objek di area seluas 400 kilometer persegi, 2557 km dari perth. Dugaan kuat objek tersebut terbuat dari metal karena berwarna putih dalam citra satelit. Pun satelit Thailand menemukan 300 kepingan mengambang di area sekitar itu.

Penemuan-penemuan ini secara tidak langsung, dapat memfokuskan area pencarian. dibanding sebelumnya yang tidak ada batasan dalam pelacakan koridor selatan Samudera Hindia. Selain itu, bagi pemerintah Malaysia penemuan ratusan objek itu dimanfaatkan sebagai landasan pengumuman tentang keberadaan MH370 walaupun ini tidak benar, membuat keputusan hanya berdasarkan citra satelit yang belum tentu benar. Sebagaimana diketahui sebelumnya, pemerintah Malaysia terkesan bingung atas berbagai pertanyaan di mana sebenarnya MH370 berada.

Meskipun belum pasti bahwa objek-objek itu merupakan serpihan MH370, perdana menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan bahwa penerbangan MH370 dipastikan berakhir di Samudera Hindia dan semua penumpang tidak ada yang selamat. Kontan saja pengumuman ini membuat keluarga korban shock. Mereka menganggap pemerintah Malaysia mengada-ada  dan meminta keterangan lebih sebagai dasar pengumuman tersebut. Konferensi pers Najib Razak itu menyulut emosi keluarga korban, dan menuduh pemerintah Malaysia melakukan upaya untuk menghentikan pencarian para korban.

Selain kemarahan keluarga korban, MH370 juga mengundang keprihatinan salah satu selebriti Cina. Melalui jejaring sosial, dia mengajak 60 juta lebih followernya memboikot produk-produk Malaysia. Dan sampai sejauh ini, MH370 telah berdampak negative kepada sektor pariwisata Malaysia. Diperkirakan tahun ini jumlah turis cina yang berkunjung ke Malaysia susut 50%. Tiket F1 Sepang hanya terjual 50 lembar. Begitu juga dengan maskapai Malaysia Airlines, banyak penumpang yang membatalkan penerbangannya karena khawatir dengan keamanan maskapai yang katanya terbaik di asia itu.

Kalau ditilik lebih jauh, ternyata Malaysia Airlines bukanlah perusahaan penerbangan yang sehat. Setidaknya dalam dua tahun terakhir  Malaysia Airlines selalu merugi. Tahun 2012 Malaysia Airlines mengalami kerugian 433 juta ringgit dan naik hampir 3 kali lipat di tahun 2013 sebesar 1,17 miliar ringgit. Tingginya harga bahan bakar dan melemahnya ringgit terhadap dolar merupakan penyebab utama kerugian itu. (detik finance). Ditambah lagi dengan klaim asuransi yang nantinya masih harus dibayar Malaysia Airlines System.

Pada awalnya, memang Malaysia Airlines yang harus menanggung semua kerugian sebelum Malaysia Airlines mengajukan klaim asuransi. Ini diperlukan untuk menjaga nama dan reputasi perusahaan itu sendiri. Sehingga ke depannya bisa tetap menjadi pemain utama dalam bisnis penerbangan Malaysia.

Dari tanggal 8 Maret 2013, berarti sudah 20 hari MH370 hilang. Harapan satu-satunya untuk mengetahui penyebab pasti tragedi MH370 tinggallah kotak hitam. Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder. Pencarian terus berpacu dengan waktu mengingat baterai kotak hitam MH370 hanya bertahan 30 hari plus 5 hari tambahan. Berarti kotak hitam akan berhenti total mengirim ‘ping’ pada tanggal 12 april 2014. Ketika telah lewat ‘ping’ terakhir, maka pencarian kotak hitam menjadi sangat sulit. Walaupun mungkin metode Bayes yang pernah digunakan dalam pencarian pesawat Air France AF447 bisa diaplikasikan. (liputan6)

Akhirnya apapun itu, bagaimanapun akhirnya, semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Kepada semua kerabat penumpang MH370 semoga diberikan yang terbaik. Amin.



[Dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar