MH370
Maskapai penerbangan milik Negara
Malaysia, Malaysian Airlines System dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur ke Beijing
mengalami musibah yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Pesawat
nahas tersebut hilang kontak dua jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur
pada tanggal 8 Maret 2014 tepat ketika berada di atas teluk Thailand. Di dalam Boeing
777-200ER itu terdapat 239 orang termasuk 12 awak pesawat yang sebagian besar
penumpangnya merupakan warga Negara Cina.
MH370 berangkat pada pukul 00.42
waktu Malaysia dan diperkirakan sampai di Beijing pukul 06.30 pada hari yang
sama. Kontak terakhir pesawat itu dengan ATC Kuala Lumpur yaitu pada jam 1.21,
untuk selanjutnya MH370 mengontak ATC Ho Chi Minh Vietnam. Namun, ATC Vietnam
gagal melakukan kontak dengan MH370, yang belakangan diketahui transpondernya
dimatikan secara sengaja.
Posisi terakhir MH370 diketahui
berada di atas teluk Thailand. Namun berdasarkan penelitian lebih lanjut,
pesawat itu berbelok ke arah barat yang pada pukul 2.15 diketahui berada di
selatan Pulau Phuket di Selat Malaka. Dan pada pukul 2.40 pesawat terpantau di
dekat Pulau Perak.
Dalam bahasa penerbangan
(berdasarkan radar militer Malaysia yang diperoleh Reuters 14/03/2014), pada
jam 1.21 MH370 berada di Waypoint IGARY. Setelah itu MH370 bergerak ke arah
barat menuju Waypoint VAMPI (timur laut Banda Aceh). Setelah mencapai VAMPI, MH370
berbelok ke arah timur laut menuju Waypoint GIVAL (sebelah selatan Phuket) dan
selanjutnya mengubah arah ke barat laut menuju Waypoint IGREX di tengah laut
Andaman dan tidak bisa lagi dijejak radar militer Malaysia.
airinfodotorg.files.wordpress.com
Sejauh ini, semua masih berupa
spekulasi mengenai mengapa pesawat itu menyimpang dari rute sebenarnya dan ada
di mana pesawat itu sekarang berada. Mulai dari teori pembajakan, kerusakan,
kebakaran dan ledakan yang menyebabkan pesawat itu tidak diketahui
keberadaannya. Spekulasi-spekulasi itu
didasari oleh berbagai macam alasan, seperti dua orang yang menggunakan
passport curian sehingga dihubungkan dengan pembajakan ataupun sang pilot Zaharie
Ahmad Shah yang diduga merupakan pendukung fanatik pemimpin oposisi Anwar Ibrahim.
Dilaporkan juga, sebelum berangkat ke Beijing Kapten Zaharie Ahmad Shah
mengikuti sidang sodomi Anwar Ibrahim (merdeka.com). Juga dengan ditemukannya
simulator penerbangan di rumah pilot berusia 53 tahun tersebut (belakangan
dipastikan simulator itu tidak ada kaitannya dengan kecelakaan). Tentunya,
semua spekulasi itu masih merupakan dugaan-dugaan semata. Yang mungkin bisa meraba-raba
mengapa dan di mana MH370 sekarang berada.
Tragedi MH370, secara langsung
membuka tatapan dunia kepada pemerintah Malaysia. Dinilai, Malaysia tidak
terbuka tentang pemberian informasi MH370. Pengamat menilai, ada yang
ditutup-tutupi mengenai keadaan sebenarnya pesawat itu. Pemerintah Cina yang
152 warganya ikut dalam penerbangan tersebut, menuntut Malaysia untuk
memberikan akses yang seluas-luasnya kepada keluarga korban mengenai informasi
yang berkaitan dengan penerbangan itu.
Sampai tanggal 28 maret 2014,
pencarian MH370 telah menjadi pencarian terbesar sepanjang sejarah penerbangan.
Melibatkan 26 negara dan puluhan kapal laut maupun pesawat terbang. pencarian MH370
menemui Titik terang ketika satelit
Australia mendapat citra obyek di Samudera Hindia pada jarak lebih dari 2500 km
barat daya kota perth. Walaupun diketahui akhirnya objek itu merupakan kontainer,
namun di sekitar daerah temuan tersebut selanjutnya banyak ditangkap
objek-objek berukuran 2 sampai 16 meter. Satelit Prancis mendeteksi sekitar 122
objek di area seluas 400 kilometer persegi, 2557 km dari perth. Dugaan kuat
objek tersebut terbuat dari metal karena berwarna putih dalam citra satelit. Pun
satelit Thailand menemukan 300 kepingan mengambang di area sekitar itu.
Penemuan-penemuan ini secara
tidak langsung, dapat memfokuskan area pencarian. dibanding sebelumnya yang
tidak ada batasan dalam pelacakan koridor selatan Samudera Hindia. Selain itu,
bagi pemerintah Malaysia penemuan ratusan objek itu dimanfaatkan sebagai
landasan pengumuman tentang keberadaan MH370 walaupun ini tidak benar, membuat
keputusan hanya berdasarkan citra satelit yang belum tentu benar. Sebagaimana
diketahui sebelumnya, pemerintah Malaysia terkesan bingung atas berbagai
pertanyaan di mana sebenarnya MH370 berada.
Meskipun belum pasti bahwa
objek-objek itu merupakan serpihan MH370, perdana menteri Malaysia Najib Razak
mengumumkan bahwa penerbangan MH370 dipastikan berakhir di Samudera Hindia dan
semua penumpang tidak ada yang selamat. Kontan saja pengumuman ini membuat
keluarga korban shock. Mereka menganggap pemerintah Malaysia mengada-ada dan meminta keterangan lebih sebagai dasar
pengumuman tersebut. Konferensi pers Najib Razak itu menyulut emosi keluarga
korban, dan menuduh pemerintah Malaysia melakukan upaya untuk menghentikan
pencarian para korban.
Selain kemarahan keluarga korban,
MH370 juga mengundang keprihatinan salah satu selebriti Cina. Melalui jejaring
sosial, dia mengajak 60 juta lebih followernya memboikot produk-produk
Malaysia. Dan sampai sejauh ini, MH370 telah berdampak negative kepada sektor
pariwisata Malaysia. Diperkirakan tahun ini jumlah turis cina yang berkunjung
ke Malaysia susut 50%. Tiket F1 Sepang hanya terjual 50 lembar. Begitu juga
dengan maskapai Malaysia Airlines, banyak penumpang yang membatalkan
penerbangannya karena khawatir dengan keamanan maskapai yang katanya terbaik di
asia itu.
Kalau ditilik lebih jauh,
ternyata Malaysia Airlines bukanlah perusahaan penerbangan yang sehat.
Setidaknya dalam dua tahun terakhir Malaysia Airlines selalu merugi. Tahun 2012 Malaysia
Airlines mengalami kerugian 433 juta ringgit dan naik hampir 3 kali lipat di
tahun 2013 sebesar 1,17 miliar ringgit. Tingginya harga bahan bakar dan
melemahnya ringgit terhadap dolar merupakan penyebab utama kerugian itu. (detik
finance). Ditambah lagi dengan klaim asuransi yang nantinya masih harus dibayar
Malaysia Airlines System.
Pada awalnya, memang Malaysia
Airlines yang harus menanggung semua kerugian sebelum Malaysia Airlines
mengajukan klaim asuransi. Ini diperlukan untuk menjaga nama dan reputasi
perusahaan itu sendiri. Sehingga ke depannya bisa tetap menjadi pemain utama
dalam bisnis penerbangan Malaysia.
Dari tanggal 8 Maret 2013,
berarti sudah 20 hari MH370 hilang. Harapan satu-satunya untuk mengetahui penyebab
pasti tragedi MH370 tinggallah kotak hitam. Flight Data Recorder dan Cockpit
Voice Recorder. Pencarian terus berpacu dengan waktu mengingat baterai kotak
hitam MH370 hanya bertahan 30 hari plus 5 hari tambahan. Berarti kotak hitam
akan berhenti total mengirim ‘ping’ pada tanggal 12 april 2014. Ketika telah
lewat ‘ping’ terakhir, maka pencarian kotak hitam menjadi sangat sulit.
Walaupun mungkin metode Bayes yang pernah digunakan dalam pencarian pesawat Air
France AF447 bisa diaplikasikan. (liputan6)
Akhirnya apapun itu, bagaimanapun
akhirnya, semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Kepada semua
kerabat penumpang MH370 semoga diberikan yang terbaik. Amin.
[Dari berbagai sumber]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar